DINAS LINGKUNGAN HIDUP PERINGATI HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA

Kepi, PSP – Memeringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Mappi menghela upacara bendera bersama elemen masyarakat di kampung Wanggate, Distrik Obaa, Senin 5 Juni 2017.

img_9898Pelaksana Tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Drs. Antonius FX Jamlean dalam release-nya mengatakan, kampung Wanggate dicanangkan sebagai kampung percontohan.

“Kampung Wanggate secara turun temurun masih memegang prinsip pengelolaan sumber daya alam yang diwariskan oleh leluhur. Hal ini dibuktikan dengan pengelolaan ruang-ruang kelola masyarakat adat di tingkat marga seperti dusun sagu, tempat keramat, rawa, kampung lama, kuburan leluhur dan tempat berburu,” terangnya.

Wanggate kata Antonius, masuk dalam nominasi kampung proiklim di tingkat nasional. Berdasarkan hasil koordinasi Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Papua.

“Dasar tersebut tidak lepas dari hasil kajian para peneliti UGM, UNIPA, UNCEN, dan UNMUS, sebagai sebuah program kerjasama pemerintah Indonesia secara khusus di Kabupaten Mappi dengan USAID program Lestari,” terangnya. Peringatan itu juga dilakukan secara seremonial, namun ada aksi penanaman pohon dan pemberian bantuan alat-alat kebersihan kepada para tokoh, serta lomba mewarnai bagi anak-anak.

Papua Selatan Pos, 6 Juni 2017.

NKT MAPPI Papua Selatan Pos_June 2017_edited

Leave a comment